PENGUMUMAN SELEKSI PERANGKAT DESA KUKUH TAHUN 2025
DASAR HUKUM
- Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa;
- Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa (Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2024);
- Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa;
- Peraturan Daerah Kabupaten Tabanan Nomor 3 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa;
- Peraturan Desa Kukuh No. 8 Tahun 2024 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2025;
- Berita acara hasil Musyawarah Desa Nomor : 01/ 140 BA/ VI /2025 tentang Hasil Pembentukan Panitia Seleksi Perangkat Desa Kukuh Tahun 2025.
FORMASI
Formasi Seleksi Perangkat Desa Kukuh Tahun 2025 adalah sebagai berikut:
| Nama Jabatan/Formasi | Jumlah | Ket |
| Perangkat Desa | 1 Orang |
PERSYARATAN
Persyaratan Umum:
- Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Berpendidikan Paling Rendah Sekolah Menengah Umum atau yang sederajat.
- Berusia 20 (Dua Puluh) Tahun sampai dengan 42 (Empat Puluh Dua) Tahun.
- Sehat jasmani dan rohanni
Persyaratan Khusus:
- Berdomisili Tetap di Wilayah Banjar Dinas Kukuh Kawan Desa Kukuh Kerambitan;
- Mampu Mengoperasikan Perangkat Komputer/Teknologi Informasi
Persyaratan Administrasi:
- Membuat Surat Permohonan Lamaran Sebagai Perangkat Desa ditujukan kepada Panitia Seleksi Perangkat Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Tahun 2024.
- Melampirkan Scan Asli Ijasah SD sampai Pendidkan Terakhir.
- Melampirkan Scan Asli Akta Kelahiran, KTP, KK.
- Melapirkan Scan Asli Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit.
- Melampirkan Scan Asli Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKCK)
- Melampirkan Scan Asli Surat Pernyataan Memegang Teguh dan Mengamalkan Pancasilal, UUD 1945, Mempertahankan dan Memelihara Keutuhan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika di atas kertas Bermeterai 10.000.
- Melampirkan Scan Pas Photo Berwarna Ukuran 4×6 dengan Latar Belakang Merah
- Melampirkan Scan Surat Pernyataan Kesanggupan Bertempattinggal tetap di Desa Kukuh selama Menjabat sebagai Perangkat Desa diatas kertas bermeterai 10.000.
- Melampirkan Scan Surat Fakta Integritas yang ditandatangani diatas meterai 10.000
- Melampirkan Scan Surat Pernyataan Tidak Memiliki Hubungan Darah dengan Perbekel dan Perangkat Desa Lainnya yang ditandatangani diatas meterai 10.000.
- Format Surat point a, f, h, i, dan j dapat diunduh DISINI
- Seluruh Berkas Persyaratan Administrasi tersebut di Unggah pada halaman : https://rekrutmen.kukuh.desa.id/pendaftaran/
- Seluruh Hardcopy Berkas Surat point : a, d, e, f, h, i, j agar dibawa saat Pelaksanaan Tes CAT (Tes Potensi Dasar, Pemahaman Terhadap Regulasi dan Kebijakan Desa), Tes Praktik Komputer & Tes Wawancara
JADWAL /TAHAPAN SELEKSI
NO | KEGIATAN | TANGGAL | TEMPAT | DUKUNGAN ADMINISTRASI |
I | PERSIAPAN |
|
|
|
| -Pemberitahuan kepada BPD tentang akhir masa jabatan Kaur Umum(Ni Nyoman Sukarti) | 14 Juni 2025 | Kantor Desa Kukuh | Notulen dan daftar hadir |
| -BPD Desa Kukuh membentuk Panitia Seleksi Kaur Umum | 17 Juni 2025 | Kantor Desa Kukuh | SK Perbekel |
| –Panitia mengadakan rapat untuk membahas : a.Tata Cara Seleksi b.persiapan administrasi sesuai aturan | 23 Juni 2025 | Kantor Desa Kukuh | Notulen |
| Pengumuman/Publikasi tentang Tahapan Seleksi dan Persyaratan administrasi | 25 Juni s/d 3 Juli 2025 | https://rekrutmen.kukuh.desa.id | surat pengumuman |
II | SELEKSI CALON PERANGKAT DESA KUKUH |
|
|
|
| – Tahapan Pengumuman,Pendaftaran & Unggah Dokumen pendaftaran | 4 Juli s/d 8 Juli 2025 | https://rekrutmen.kukuh.desa.id | Surat Lamaran Lengkap |
| – Seleksi Administrasi | 9 s/d 10 Juli 2025 | Kantor Desa | Format Seleksi |
| – Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi | 11 Juli 2025 | https://rekrutmen.kukuh.desa.id |
|
| – Pelaksanaan Tes CAT ( Tes Potensi Dasar,Pemahaman Terhadap Regulasi dan Kebijakan Desa), Tes Praktik Komputer & Tes Wawancara | 14 Juli 2025 | Kantor Desa | Form penilaian |
| – |
|
|
|
| – pelaksanaan rapat panitia seleksi hasil kompetisi | 14 Juli 2025 | Kantor Desa | Form Hasil Kompetisi |
III | PENETAPAN & PERMOHONAN REKOMENDASI |
|
|
|
| – Penetapan hasil Seleksi Perangkat desa | 14 Juli 2025 | Kantor Desa |
|
| – Permohonan Surat Rekomendasi persetujuan atau Penolakan terhadap Calon Perangkat Desa Kepada Camat Kerambitan | 15 Juli 2025 | Kantor Desa | Surat Rekomendasi dari Camat |
| – Permohonan Usulan Atas Rekomendasi yang dikeluarkan oleh Camat Kerambitan kepada Bupati Tabanan sebagai dasar penetapan Perangkat Desa terpilih hasil seleksi | 21 Juli 2025 | Kantor Desa | Surat Usulan atas Rekomendasi dari Bupati |
| – Penerbitan SK Penetapan Pengangkatan Perangkat Desa terpilih hasil seleksi | 8 Agustus 2025 | Kantor Desa | SK Penetapan dari Perbekel |
|
|
|
|
|
DOWNLOAD PENGUMUMAN DISINI
DOWNLOAD FORMULIR KELENGKAPAN PENDAFTARAN DISINI
Seluruh proses seleksi perangkat Desa Kukuh Tahun 2025 tidak dipungut biaya.
Apa bila ada hal-hal yang perlu ditanyakan/kurang jelas dapat menghubungi Panitia di Nomor WA: 082340370958.