Pengumuman

PENGUMUMAN SELEKSI PERANGKAT DESA KUKUH TAHUN 2025


DASAR HUKUM

  1. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa;
  2. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa (Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2024);
  3. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa;
  4. Peraturan Daerah Kabupaten Tabanan Nomor 3 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa;
  5. Peraturan Desa Kukuh No. 8 Tahun 2024 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2025;
  6. Berita acara hasil Musyawarah Desa Nomor : 01/ 140 BA/ VI /2025 tentang Hasil Pembentukan Panitia Seleksi Perangkat Desa Kukuh Tahun 2025.

FORMASI

Formasi Seleksi Perangkat Desa Kukuh Tahun 2025 adalah sebagai berikut:

Nama Jabatan/FormasiJumlahKet
  Perangkat Desa    1 Orang 

PERSYARATAN

Persyaratan Umum:

  1. Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Berpendidikan Paling Rendah Sekolah Menengah Umum atau yang sederajat.
  3. Berusia 20 (Dua Puluh) Tahun sampai dengan 42 (Empat Puluh Dua) Tahun.
  4. Sehat jasmani dan rohanni

Persyaratan Khusus:

  1. Berdomisili Tetap di Wilayah Banjar Dinas Kukuh Kawan Desa Kukuh Kerambitan;
  2. Mampu Mengoperasikan Perangkat Komputer/Teknologi Informasi

Persyaratan Administrasi:

  1. Membuat Surat Permohonan Lamaran Sebagai Perangkat Desa ditujukan kepada Panitia Seleksi Perangkat Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Tahun 2024.
  2. Melampirkan Scan Asli Ijasah SD sampai Pendidkan Terakhir.
  3. Melampirkan Scan Asli Akta Kelahiran, KTP, KK.
  4. Melapirkan Scan Asli Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit.
  5. Melampirkan Scan Asli Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKCK)
  6. Melampirkan Scan Asli Surat Pernyataan Memegang Teguh dan Mengamalkan Pancasilal, UUD 1945, Mempertahankan dan Memelihara Keutuhan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika di atas kertas Bermeterai 10.000.
  7. Melampirkan Scan Pas Photo Berwarna Ukuran 4×6 dengan Latar Belakang Merah
  8. Melampirkan Scan Surat Pernyataan Kesanggupan Bertempattinggal tetap di Desa Kukuh selama Menjabat sebagai Perangkat Desa diatas kertas bermeterai 10.000.
  9. Melampirkan Scan Surat Fakta Integritas yang ditandatangani diatas meterai 10.000
  10. Melampirkan Scan Surat Pernyataan Tidak Memiliki Hubungan Darah dengan Perbekel dan Perangkat Desa Lainnya yang ditandatangani diatas meterai 10.000. 
  • Format Surat point a, f, h, i, dan j dapat diunduh  DISINI
  • Seluruh Berkas Persyaratan Administrasi tersebut di Unggah pada halaman : https://rekrutmen.kukuh.desa.id/pendaftaran/
  • Seluruh Hardcopy Berkas Surat point : a, d, e, f, h, i, j agar dibawa saat Pelaksanaan Tes CAT (Tes Potensi Dasar, Pemahaman Terhadap Regulasi dan Kebijakan Desa), Tes Praktik Komputer & Tes Wawancara

JADWAL /TAHAPAN SELEKSI

NO

KEGIATAN

TANGGAL

TEMPAT

DUKUNGAN ADMINISTRASI

I

PERSIAPAN

 

 

 

 

-Pemberitahuan kepada BPD tentang akhir masa jabatan Kaur Umum(Ni Nyoman Sukarti)

14 Juni 2025

Kantor Desa Kukuh

Notulen dan daftar hadir

 

-BPD Desa Kukuh membentuk Panitia Seleksi Kaur Umum

17 Juni 2025

Kantor Desa Kukuh

SK Perbekel

 

Panitia mengadakan rapat untuk membahas :

a.Tata Cara Seleksi

b.persiapan administrasi sesuai aturan

23 Juni 2025

Kantor Desa Kukuh

Notulen

 

Pengumuman/Publikasi tentang Tahapan Seleksi dan Persyaratan administrasi

25 Juni s/d 3 Juli 2025

https://rekrutmen.kukuh.desa.id

surat pengumuman

II

SELEKSI CALON PERANGKAT DESA KUKUH

 

 

 

 

–       Tahapan Pengumuman,Pendaftaran & Unggah Dokumen pendaftaran

4 Juli s/d 8 Juli 2025

https://rekrutmen.kukuh.desa.id

Surat Lamaran Lengkap

 

–       Seleksi Administrasi

9 s/d 10 Juli 2025

Kantor Desa

Format Seleksi

 

–       Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

11 Juli 2025

https://rekrutmen.kukuh.desa.id

 

 

–       Pelaksanaan Tes CAT ( Tes Potensi Dasar,Pemahaman Terhadap Regulasi dan Kebijakan Desa), Tes Praktik Komputer & Tes Wawancara

14 Juli 2025

Kantor Desa

Form penilaian

 

–        

 

 

 

 

–       pelaksanaan rapat panitia seleksi hasil kompetisi

14 Juli 2025

Kantor Desa

Form Hasil Kompetisi

III

PENETAPAN & PERMOHONAN REKOMENDASI

 

 

 

 

–       Penetapan hasil Seleksi Perangkat desa

14 Juli 2025

Kantor Desa

 

 

–       Permohonan Surat Rekomendasi persetujuan atau Penolakan terhadap Calon Perangkat Desa Kepada Camat Kerambitan

15 Juli 2025

Kantor Desa

Surat Rekomendasi dari Camat

 

–       Permohonan Usulan Atas Rekomendasi yang dikeluarkan oleh Camat Kerambitan kepada Bupati Tabanan sebagai dasar penetapan Perangkat Desa terpilih hasil seleksi

21 Juli 2025

Kantor Desa

Surat Usulan atas Rekomendasi dari Bupati

 

–       Penerbitan SK Penetapan Pengangkatan Perangkat Desa terpilih hasil seleksi

8 Agustus 2025

Kantor Desa

SK Penetapan dari Perbekel

 

 

 

 

 

DOWNLOAD PENGUMUMAN DISINI

DOWNLOAD FORMULIR KELENGKAPAN PENDAFTARAN DISINI

Seluruh proses seleksi perangkat Desa Kukuh Tahun 2025 tidak dipungut biaya.

Apa bila ada hal-hal yang perlu ditanyakan/kurang jelas dapat menghubungi Panitia di Nomor WA: 082340370958.